Inspektorat & BKDD Kabupaten Nunukan Diduga Lakukan Kebohongan Publik

Nunukan, Global Post

Muhammad Nasir selaku Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Nunukan – Kaltim menyatakan bahwa pihak Inspektorat Nunukan dan Badan Kepegawaian Diklat Daerah (BKDD) diduga telah melakukan kebohongan terhadap Publik. “Kebohongan itu terkait pernyataan mereka dalam Rapat Dengar Pendapat dengan pihak Legislatif (DPRD) Kabupaten Nunukan pada bulan Agustus silam, menyangkut Pendataan dan Validasi Tenaga Honorer yang akan dimasukkan Data Base dan akan diangkat sebagai CPNS,” kata Muhammad Nasir, Kamis (7/10) lalu.

Muhammad Nasir yang juga sekaligus Ketua DPD PKS Kabupaten Nunukan, mengatakan bahwa ketika mereka (Inspektorat dan BKDD – red) menjelaskan dalam Rapat Dengar Pendapat dikatakan sudah masuk semua berkas dari para honorer yang akan diverifikasi, baik fisik maupun non fisik. “Kami pun yakin tidak akan ada kecolongan seperti Sekarang,” ucapnya.

Namun, kata Muhammad Nasir, malah belakangan diketahui pula bahwa ternyata dokumen Cek Fisik hanya dilakukan secara sample. Hal ini tentu menimbulkan kekecewaan, karena banyak tenaga honorer yang bisa lolos verifikasi dengan mengandalkan dokumen bodong. Kini baru diketahui bahwa ternyata semua cek fisik hanya dilakukan secara sample.

”Padahal ketika hearing tidak mereka jelaskan kepada kami (DPRD-red). Masak kok penerimaan pakai sample?” ucapnya dengan nada bertanya.

Ditambahkannya bahwa indikasi kecurangan tersebut makin menguat dengan ditemukan sejumlah tenaga honorer yang diduga mengunakan dokumen bodong, sehingga dapat lolos verifikasi.

Adapun dari hasil laporan LSM Lingham Nunukan, menyangkut para honorer yang diduga telah mengunakan dokumen bodong yang dimaksud berjumlah enam orang. Masing-masing adalah honorer di RSUD Nunukan, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) berinisial JO, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa berinisial EV Ros, Staf Sekretariat DPRD Nunukan berinisial Hmz.

Kemudian honorer yang berinisial Yud sopir angkutan pelajar di wilayah Kecamatan Sebatik, honorer yang berinisial RI B Dinas PU Nunukan, serta tiga orang di antaranya honorer Dinas Pertanian dan Peternakan, Badan Tanaman Pangan yang masing-masing berinisial Ar, Her, dan Nur. (Tim)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s