Berlakon “ Gatot Kaca Jadi Ratu” Acara Apitan Dihadiri Bupati Demak & Balon Bupati

Demak, Global Post

Selalu meriah! Begitulah ketika acara Apitan dan Sedekah Bumi digelar. Namun, acara yang digelar di Dukuh Karang Pandan, Desa Karang Melati, Kecamatan Demak Kota, Kabupaten Demak, Kamis (28/10), tepatnya di halaman rumah Kepala Desa Karang Melati, terasa berbeda.

Sejatinya, kegiatan tradisional Apitan dan Sedekah diperingati secara rutin dalam tiap tahunnya.  Ada pun maksud dan tujuan perayaan Apitan dan Sedekah Bumi merupakan wujud syukur dan permohonan Kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, agar mendapatkan berkah, keselamatan, kemurahan rejeki dan terhindar dari segala mala petaka, bencana dan marabahaya bagi masyarakat.

“Itu tujuan acara apitan kita gelar, karena memang sangat bermanfaat khususnya bagi masyarakat Desa Karang Melati dan masyarakat Kota Demak pada umumnya,” tutur Agus Mulyono, Kepala Desa Karang Melati, kepada Global Post, yang sengaja meliput acara tersebut.

Perayaan Apitan dan Sedekah Bumi itu dimeriahkan dengan pagelaran Wayang Kulit dengan lakon “ Gatot Kaca Jadi Ratu” dengan Dalang Ki Sarbini dari Kudus.

Acara itu semakin menarik Bupati Demak Tafta Zani tampak menghadiri pagelaran tersebut. Bahkan, Bupati itu terlihat sangat akrab dengan Drs H Haryanto MM yang diketahui sebagai Calon Bupati Demak periode 2011-2015.  Keakraban mereka seolah membuktikan bahwa dua tokoh pemimpin yang akan segera bertarung dalam Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Demak, dapat menjalin kebersamaan sambil menyaksikan pertunjukan wayang kulit berlakon “Gatot Kaca Jadi Ratu”. Sebuah tontonan yang tentunya mengasikkan bagi Muspika yang juga menghadiri acara bersama masyarakat Desa Karang Melati.

Pada kesempatan pertujukan di Canda Jenaka atau bahasa Jawanya Limbukkan pukul  00.00 dini hari, Calon Bupati Demak Haryanto tampil di panggung dengan membawakan lagu ‘Caping Gunung’, di saksikan oleh Bupati Demak Tafta Zani, yang juga masih mencalonkan diri  sebagai bupati. Luar biasa benar Pak  Agus Mulyono, Kepala Desa Karang Melati, yang tampil sebagai tuan rumah! (Yf/Oktaf/Pur)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s