Kebanggaan Jadi Pendonor Darah

Semarang, Global Post

Kepala PMI Kota Semarang Unit Tranfusi Darah (UTD) Dr Rini Astuti mengundang pendonor darah suka rela (PDS) yang telah mencapai 50 dan 75 kali donor, untuk menerima piagam penghargaan yang diselenggarakan di Surakarta bersama dengan PDS Kabupaten/Kota se Jawa Tengah, tepatnya di Gedung Sasana Krida Kusuma Surakarta (10 Oktober2010) yang lalu.

Penghargaan yang diberikan bertepatan dengan Hari Ulang Tahun PMI yang ke 65 tahun 2010 itu dihadiri oleh Ketua Umum PMI Jusuf Kalla, Ketua PMI Daerah Jawa Tengah Drs. H Sasongko Tedjo dan Gubernur Jawa Tengah yang diwakili oleh Ketua Korwil II Jateng dan Wakil Wali Kota Surakarta, serta artis lawas Pong Harjatmo.

Selain pemberian piagam penghargaan kepada PDS 50 dan 75 kali, pada kesempatan tersebut diberikan pula piagam kepada pemenang Lomba Unit PMR Madya Teladan se-Jawa Tengah. Kemudian diserahkan pula  piagam penggerak donor yang diwakili oleh PT APAC INTI Corpora Semarang, PT Jarum Kudus, MTA Surakarta, Moro Grosir & Retail Purwokerto, Meditation Senter Tegal, Pusaka Indah Kebumen.

Para kodinator tersebut dinilai berprestasi mengerahkan para karyawan secara sukarela  rutin dan berkala dengan menyumbangkan darah dalam jumlah penyumbang relatif  besar.

Sasongko Tedjo dalam sambutannya mengatakan, pada tahun  2010 jumlah PDS 50 dan 75 kali mengalami kenaikan. “Kenyataan yang membanggakan adalah PDS yang paling banyak dari kalangan pelajar/mahasiswa yang merupakan generasi muda yang peduli dengan penderitaan serta nyawa orang lain,” ujarnya.

Sementara Dr Rini Astuti selaku Kep.PMI Kota Semarang menerangkan bahwa semestinya jumlah PDS ke 50 kali ada 92 orang, namun  yang hadir hanya 72 orang. Sedangkan yang ke 75 kali ada 40 orang yang hadir 25 orang.

Untuk masing-masing PDS mendapat Souvenir antara lain  Hem baju batik, Jam dinding, Mugh PMI kecil, Piagam berpigura, Pin Donor 50 dan 75 kali, Foto bersama Ketua Korwil II Jateng mewakili Gubernur Jawa Tengah dan uang saku Rp 100.000,-

Seorang PDS 50 kali dari Semarang, FX Djoko Purnomo, seorang mantan karyawan PERUM DAMRI Kota Semarang yag sudah purna tugas telah menyumbangkan darahnya sebanyak 54 kali. Ketika ditemui Global Pos, dengan bangganya Purnomo yang berperawakan kecil tapi sehat, dia  mengatakan dirinya merasa bangga dan puas dapat menyumbangkan darah untuk orang lain yang menderita, apalagi dapat menyelamatkan nyawa orang lain.

“Saya tidak dapat dan tidak mampu  menyumbangkan harta atau benda yang berharga, apalagi kalau melihat atau mendengar adanya musibah atau bencana yang menimpa saudara kita, saya ikut prihatin dan mau menyumbangkan darah saya,” tutur Purnomo.

PMI sendiri sangat menanti siapa saja yang tergerak hatinya dapat menyumbangkan darahnya untuk kemanusiaan.  Adapun prosedur donor darah sukarela: pertama, setiap pendonor baru dan lama harus mengisi inform concean, sebelum diambil darahnya.  Calon donor terlebih dahulu  diperiksa oleh dokter atau tenaga kesehatan lain yang diberi wewenang di bawah tanggung jawab dokter.  Kedua, umur donor 17-60 tahun, berat badan minimal 45 kg, dapat menyumbangkan darah 250 ml, ditambah jumlah darah untuk pemeriksaan yang jumlahnya tidak lebih dari 5-10 ml.

Keempat, donor dengan berat badan 55 kg atau lebih dapat menyumbangkan darahnya sampai 450 ml, kadar Hemoglobin 12,5 g/dl, golongan darah setiap calon pendonor harus diperiksa golongan darahnya kecuali calon donor yang sudah pernah donor sebelumnya dan dibuktikan dengan membawa kartu donor, tekanan darah sistolik 100-180 mml – lg diastolic  60 – 100 mml –lg, denyut nadi 50 -100 per  menit,iInterval penyumbangan darah minimal 8 minggu dengan penyumbangan maksimal 5 kali setahun. (Yf)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s