Meriahnya Idul Adha Di Temanggung

Temanggung, Global Post

Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, La Ilaha Illallah, Wa Lillahilhamdu….Begitulah suasana alunan takbir di Masjid Agung Darussalam, Temanggung, seolah melakukan refleksi bahwa tidak ada yang layak disembah selain Allah, Tuhan Semesta Alam.

Warga Temanggung dan sekitarnya terlihat sangat khidmat melaksanakan shalat Ied Adha, meskipun ada sebagian masyarakat yang sudah melaksanakan shalat Ied sehari sbelumnya, Selasa. Sebagai imam, KH Ahmad Bandanuji, imam besar Masjid Agung Darussalam Temanggung. Sedangkan khotib adalah KH Ya’cub Mubarok, ketua MUI Kabupaten Temanggung.
Dalam khutbahnya, KH Ya’cub Mubarok berpesan agar umat Islam selalu taat kepada Allah dan Rosul-Nya, menjaga shalat dan melanggengkan bacaan Al’Qur’an agar alam tampak tenang, bersahabat dan tidak ada lagi bencana alam, serta bersikap toleransi terhadap masalah-masalah sosial dan mengajarkan sikap saling menyayangi terhadap sesama.
Setelah sholat Ied, dia adakan pemotongan hewan qurban. SFK Kuntjoro SH MM selaku ketua panitia hewan qurban mengatakan bahwa jumlah hewan qurban sebanyak 18 ekor yang terdiri dari 3ekor sapi dan 15 ekor kambing. “Hewan qurban yang kami terima merupakan sumbangan dari Bupati Temanggung, Polres, Takmir Masjid dan warga,” tuturnya.
Untuk lokasi penyembelihan dilakukan di halaman belakang masjid yang dikoordinasi Kyai Manshour Al Hafid dan dibantu warga setempat. Sedangkan daging qurban didistribusikan panitia kepada Jamaah masjid,warga sekitar yang terdiri dari 7 RW dan kecamatan lain yang sudah mengirimkan surat kepada panitia.
Selain menjadi ketua panitia hewan qurban di Masjid Agung Darussalam, SFK Kuntjoro SH MM menjadi ketua panitia di kampung Kauman. “Untuk hewan qurban  yang ada di Kauman jumlahnya 34 ekor, empat ekor sapi 30 kambing, yang dikoordinasi oleh Bapak Agus Istanto,” ujarnya. Penyembelihan sendiri disaksikan warga setempat dan berlangsung sangat meriah. (Agus DM/Romadlon)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s