Segera Direalisasikan Penggantian Ternak Hewan ternak dijual ke pemerintah

Semarang, Global Post

Masih banyak pemilik ternak yang memikirkan keselamatan hewan ternaknya ketimbang dirinya. Meski mengungsi warga tetap menyempatkan untuk melihat dan memberi makan ternak, padahal erupsi Gunung Merapi masih terjadi.

“Banyak masyarakat yang masih ngeboti rojo koyo (lebih berat memilih harta kekayaan), namun demikian dengan pembelian oleh pemerintah, masyarakat hendaknya juga harus jujur,” ujar Gubernur Jawa Tengah H Bibit Waluyo dengan gaya bahasa jawa yang medok.
H Bibit Waluyo juga memberikan peringatan. “Jangan ngaku-ngaku punya ternak atau nganeh-anehi dengan permintaan yang macem-macem,” tegas Bibit usai rapat koordinasi bersama Menteri Pertanian Ir H Suswono MNA, Gubernur DIY, Dinas Peternakan Provinsi Jawa Tengah dan DIY serta Pemerintah Kabupaten terkait di Bakorwil II Magelang.
Tak hanya itu H Bibit Waluyo juga menyerukan kepada masyarakat, agar tidak mempercayai oknum atau makelar yang menjanjikan bisa mencairkan dana pengganti ternak dengan uang.
Himbauan tersebut dinyatakan oleh Gubernur Jawa Tengah H Bibit Waluyo menyusul instruksi Presiden RI agar pemerintah pusat dan daerah membeli hewan ternak milik masyarakat di lereng Merapi, sebagai upaya meminimalisasi beban pengungsi yang memikirkan ternaknya di tempat pengungsian.
Untuk menghindari permasalahan yang muncul Gubernur menambahkan agar dilakukan penanganan yang sistemik. Identifikasi dilakukan secara riil, byname atau sesuai dengan pemiliknya, sedang klasifikasinya harus jelas pula meliputi bobot dan usianya, tidak digebyah uyah (disama ratakan).
Kalau bisa Departemen Pertanian menyediakan timbangan dan kendaraan angkut, petugas identifikasi dan uang ganti sekali gus.  Jadi begitu ditimbang langsung di bayar dan di angkut.
Gubernur Jawa Tengah meminta kepada pemerintah pusat agar ternak yang telah dibeli segera dikirim keluar daerah, seperti Jakarta dan kota besar lainnya.
Dengan demikian tidak menimbulkan masalah baru, berupa penjagaan dan pengurusan hewan-hewan yang telah dibeli tersebut.  (Yf-Fam)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s