Hari Guru dan Hut PGRI Ke-66 Porov Jateng Jadikan Guru Bertabat

Ambarawa, Global Post

Di Provinsi Jawa Tengah, peringatan Hari Guru Nasional bertema “Memacu Peran Strategis Guru Yang Profesional, Bermatabat, dan Sejahtera”, diisi berbagai kegiatan dengan melibatkan guru, siswa dan tenaga kependidikan lainnya.
Sebagai puncak kegiatan Hari Guru Nasional 2010 yang bertepatan dengan HUT  PGRI yang ke 65 diadakan upacara bendera yang tepatnya dilaksanakan di Lapangan Panglima Besar Jendra Sudirman Batal yon Kavaleri 2/ Tank Ambarawa Kabupaten Semarang, Rabu (1/12).
Bertindak sebagai Inspektur Upacara H.Bibit Waluyo Gubernur Jawa Tengah, dan pengatur upacara  Drs Kunto Nugroho HP, M Si. (Kepala Dinas Pendidikan Jawa Tengah)
Dalam upacara yang ikuti segenap guru mewakili dari berbagai kota/Kabupaten se Jawa Tengah dan ratusan siswa di Jawa Tengah yang meraih prestasi dari berbagai lomba baik ditingkat Nasional / Internasional di tahun 2010 yang akan menerima Bea siswa bernilai puluhan juta rupiah.

 

Gubernur dalam sambutannya, keberhasilan dan prestasi siswa yang dilanjutkan pemberian bea siswa itu dapat memacu semangat, untuk terus berprestasi.
Menurutnya ada 5 hal yang perlu dipahami oleh siswa dalam meraih prestasi yaitu, kemampuan diri sendiri, peran guru, kecerdasan yang baik, dan dapat bermanfaat bagi orang banyak, peran orang tua dan lingkungan serta sarana dan prasarana pendidikan.
“Semua itu harus bersinergi (berpadu) agar prestasi yang diraih dapat terus dikembangkan dan bermanfaat bagi siapa saja dan pada akhirnya untuk bangsa dan negara, “ papar Gubernur.
Untuk mendapat meraih prestasi tidak boleh dengan bersantai, tetapi harus dengan kerja keras.
Bibit mengaku bangga bila setiap tahun prestasi pendidikan di Jawa Tengah ada peningkatan, namun peningkatan tersebut harus dibarengi kemanfaatan ilmu pengetahuan bagi masyarakat, dan juga berterima kasih kepada PT Astra Daihatsu Motor yang membantu mesin mobil untuk SMK disetiap Kota/Kabupaten se Jawa Tengah.
Drs Kunto Nugroho HP.M.Si, Kepala Dinas Pendidikan Prop Jateng mengatakan pada tahun2010 ini terdapat  550 siswa berprestasi baik indivindu maupun beregu yang memperoleh 372 mendali penghargaan Lomba Nasional dan Internasional dengan rincian 26 medali Internasional dan 246 medali Nasional.
Prestasi itu mengalami peningkatan dibanding pada tahun sebelumnya yaitu di tahun 2009 terdapat 384 siswa individu dan beregu yang meraih 219 medali dengan rincian 213 medali Nasional dan 6 medali Internasional.
Bea siswa yang diberikan , untuk medali individu Nasional sebesar Rp 3 juta (perak) hingga Rp 13 juta ( emas) dan beregu Rp 9,5 juta (perak) hingga Rp 33 juta (emas), sedang beasiswa medali Internasional individu Rp 17jut (perak) hingga Rp 25 juta (emas), untuk peraih medali internasional beregu senilai Rp 21,5 juta (perak) hingga Rp 45 juta (emas).
Kunto juga berharap kerjasama kemitraan dengan berbagai pihak, pengusaha dan perbankan diharapkan dapat dikembangkan lagi. (Fam-Ary.W)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s